Wednesday, January 3, 2024

Unik, Museum Bercorak “China” Ini Ada di Tengah Pasar

WISATA.OK - Etnis China atau Tinghoa menjadi salah satu etnis di Indonesia, mereka menjadi salah satu suku yang memperkacaya kebhinekaan Indonesia. Di daerah Banten terdapat sebuah museum bercorak China yang bernama Museum Benteng Heritage.

Museum Benteng Heritage
 

Museum Benteng Heritage adalah sebuah museum yang terletak di Jl. Cilame No. 18-20, Pasar Lama, Tangerang-Banten. Sesuai dengan alamatnya, lokasi museum bercorak China ini terletak di dalam Pasar Lama. Yang bikin salut, Museum Benteng Heritage juga memiliki website sendiri, ini berarti bagi pengunjung yang ingin mendapatkan update terbaru soal museum bisa mencari informasinya melalui website tersebut.

 

Interior bangunan museum ini sangat kental dengan nuansa China, motif bangunan sampai pernak-pernik hiasan ruangan juga bercorak China. Di bagian dalam Museum Benteng Heritage terdapat berbagai lukisan kuno dan potret Tangerang tempo dulu.

 

Sembari melihat  bangunan dan benda-benda kuno ini, pemandu wisata juga akan menceritakan mengenai sejarah bangunan dan informasi mengenai serba-serbi budaya serta sejarah peranakan China di Tangerang. Pada saat menjelaskan, pengunjung museum juga diperbolehkan melontarkan pertanyaan kepada pemandu wisata.

 

Pada bagian lantai satu pengunjung bisa membeli berbagai souvenir dari Museum Benteng Heritage, sedangkan di bagian lantai dua terdapat banyak koleksi museum seperti keramik, koleksi botol kecap, koin kuno, perangko kuno, sempoa, batik China, kamera jadul, pemutar musik klasik, mainan khas China dan lain sebagainya.

 

Selain memiliki banyak koleksi berupa benda, terdapat juga koleksi sastra lama Tionghoa dan Tangerang yang ada di museum ini. Salah satunya manuskrip mengenai Sejarah Cina Benteng dan kumpulan surat Oey Kim Tiang (seorang budayawan dan penyadur buku cerita silat).

 

Museum ini buka pada hari Selasa sampai Minggu, antara pukul 11.00 sampai pukul 19.00 WIB. Setiap pengunjung bisa dikenakan tarif yang berbeda-beda sesuai dengan kategori, baik itu pelajar, pengungjung lokal maupun wisatawan asing. Untuk info lengkapnya bisa mengirim email ke alamat in@bentengheritage.com.