Wednesday, January 3, 2024

2 Museum Sejarah di Jawa Barat Yang Bisa Dikunjungi Secara Gratis

WISATA.OK - Sejarah merupakan suatu ilmu yang membahas akan masa lalu, sejak kita mengenyam pendidikan di bangku SD (Sekolah Dasar) sampai SMA (Sekolah Menengah Atas) kita akan disuguhi dengan pelajaran sejarah, belum lagi di tingkat Perguruan Tinggi juga ada jurusan yang belajar khusus soal sejarah. 


2 Museum Sejarah di Jawa Barat Yang Bisa Dikunjungi Secara Gratis


Ngomongin soal sejarah kurang afdol jika kita tidak menyangkutpautkannya dengan museum, di daerah Jawa Barat sendiri terdapat beberapa 2 museum sejarah yang bisa dikunjungi secara gratis, 2 museum ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang pengen liburan tapi tetap dapat ilmu, berikut diantaranya:

 

Museum Pasir Angin


Museum Pasir Angin merupakan salah satu museum sejarah yang terletak di Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Museum ini merupakan salah satu situs yang memiliki peninggalan di era Logam Awal.


Karena letaknya yang lumayan terpencil, dan berada diketinggian membuat museum sejarah ini kurang terkenal. Bahkan warga Bogor sendiri banyak yang tidak mengetahui lokasi Museum Pasir Angin.

 

Di dalam kawasan museum ini terdapat benda-benda bersejarah seperti batu monolit setinggi 1,2 meter, koleksi arca-arca kuno, tombak, gerabah, guci, bandul kalung dan benda-benda lainnya. Untuk masuk ke museum ini tidak dipungut biaya sama sekali, dan pengunjung bisa mengunjunginya setiap hari.

 

Museum Situs Cagar Budaya Batujaya


Museum Situs Cagar Budaya Batujaya adalah sebuah museum yang memiliki banyak koleksi benda-benda kuno, tempat museum sejarah ini berlokasi di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, di Karawang.
 
Pada bagian depan museum, pengunjung akan disambut dengan papan bertuliskan Museum Situs Cagar Budaya Batujaya. Isi dalam museum ini adalah benda-benda peninggalan zaman kerajaan Tarumanegara di abad ke-4 Masehi.
 
Koleksi benda-benda bersejarah di museum ini seperti stupa, bebatuan candi, gerabah, mangkuk, fragmen arca, bahkan ada juga tengkorak manusia. Pengelola museum ini juga menambahkan papan informasi di samping benda-benda bersejarah yang ada di dalam museum. Jika Anda ingin mengunjungi museum sejarah ini, bisa datang pukul 08.00-17.00 tanpa biaya sama sekali.