Tuesday, January 2, 2024

Museum Barli, Surganya Lukisan Realis dan Koleksi Mainan Anak-Anak

WISATA.OK - Apa yang kalian pikirkan soal museum? Pasti kental dengan hal berbau sejarah, klasik, peperangan dan semua hal berbau kuno. Akan tetapi istilah itu tidak berlaku bagi Museum Barli.
 

Museum Barli tidak hanya cocok dikunjungi oleh pelajar, akademisi maupun orang dewasa saja, melainkan museum ini juga cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak.


Surganya Lukisan Realis dan Koleksi Mainan Anak-Anak

Apa yang kalian pikirkan soal museum? Pasti kental dengan hal berbau sejarah, klasik, peperangan dan semua hal berbau kuno. Akan tetapi istilah itu tidak berlaku bagi Museum Barli

Museum Barli tidak hanya cocok dikunjungi oleh pelajar, akademisi maupun orang dewasa saja, melainkan museum ini juga cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak.
 
Terletak di Jl. Prof. Dr. Sutami No,91, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Museum Barli ini berisi hasil karya dan koleksi seorang seniman bernama Barli Sasmitawinata.
 
Beliau merupakan seorang pelukis realis asal Indonesia yang pernah mengenyam bangku pendidikan di Belanda dan Prancis dari tahun 1950-1957. Karya-karyanya sudah beberapa kali dipamerkan di dalam maupun luar negri. Barli Sasmitawinata juga pernah mendapatkan penghargaan Satyalancana Kebudayaan dari pemerintah tahun 2000.
 
Pada bagian dasar Museum Barli terdapat studio lukis, di bagian ini biasa diadakan pelatihan melukis yang dibimbing langsung oleh anak pertama Barli yang bernama Agung Wiwekakaputera. Di lain sisi tempat ini juga biasa digunakan untuk workshop, sarasehan, diskusi dan lain sebagainya.
 
Lantai kedua isinya berupa lukisan-lukisan buatan Barli Sasmitawinata. Di bagian ini juga terdapat ratusan bahkan ribuan pajangan mainan berupa gameboy, Nitendo, kuartet, komik dan lain sebagainya. Bahkan miniatur karakter fiksi juga banyak terpampang di bagian ini.
 
Untuk bagian lantai ketiga bernama Memorabilia Barli. Isinya berupa karya-karya favorit dari sang maestro sekaligus berisi beberapa perlengkapan melukis yang dimiliki Barli Sasmitawinata.Salah satu ini diruangan ini adalah meja lemari besi untuk penyimpanan cat pemberian murid Barli.

Jikalau merasa lelah atau ingin beristirahat, pihak Museum Barli telah menyediakan tempat berupa Cafe khusus bagi pengunjung.
 
Museum Barli ini buka setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 10.00-17.00. Setiap pengunjung dikenakan tarif 20.000 untuk masuk ke dalam museum.