Sunday, July 16, 2023

Timnas Indonesia U-19 Putri Catatkan Sejarah

KUNCILAGUOK.COM – (Sports Edition) Timnas Indonesia U-19 Putri tengah menjalani laga AFF CUP U-19 di Palembang, dalam ajang ini Rudy Eka selaku pemegang jabatan pelatih Timnas memanggil sekitar 30 pemain untuk melakukan pemusatan latihan di Lapangan Panahan JSC.

 

Timnas Indonesia U-19 Putri menjalani latihan selama beberapa hari sejak tanggal 27 Juni sampai menjelang laga perdana.

 


Skuad Garuda Pertiwi sendiri kebagian berlaga di grub A dan dijadwalkan untuk melawan Timor Leste, Laos dan Kamboja. Pada laga perdana, Timnas Indonesia U-19 Putri sukses menang dengan skor 7-0 mengalahkan Timor Leste, lalu di laga kedua kembali menang 4-1 melawan Laos, dan di babak terakhir fase grub sukses membantai Kamboja dengan skor 5-0.

 

Dengan hasil di atas, Timnas Indonesia U-19 Putri sukses meraih posisi juara grub A dan dipastikan lolos ke babak semi-final untuk pertama kali dalam sejarah.

 

Dari total 16 gol yang sudah berhasil dicetak, Claudia Scheunemann sukses jadi top skorer. Pemain berdarah Jerman Indonesia ini berhasil melesakkan gol di setiap laga.

 

“Bersyukur banget bisa menang lawan Timor Leste, terus game kedua bisa menang cetak gol lagi di laga keduanya. Targetnya bisa masuk semi final dan bisa menang juara AFF Championship ini.“ kata Claudia.

 

Siapa yang akan menyangka, pemain penting Timnas Indonesia U-19 Putri ini selama di akademi sepak bola selalu berhadapan dengan pemain pria.

 

Di akademi Young Warrior FA, Claudia terbiasa menjalani laga dan latihan dengan rekan satu timnya yang mayoritas di isi oleh pemain laki-laki.

 

Sebelum dipanggil Timnas untuk mengikuti laga ini, pada akhir bulan Juni lalu Claudia masih aktif membela skuad Young Warrior FA di kejuaraan Jawara Premiere League.

 

Dengan lolosnya Timnas Indonesia U-19 Putri ke babak semi-final dan dengan adanya pemain-pemain potensial seperti Claudia, seharusnya mampu menjadi peringatan bagi PSSI untuk kembali mengadakan Liga Putri.

 

Yang mana jika kembali diadakan bukan hanya akan memberi manfaat bagi klub Indonesia tapi juga buat Timnas Indonesia Putri kedepannya.