Thursday, July 13, 2023

Sering Disindir, STY Ciptakan Prestasi Ini Selama Melatih Timnas Indonesia

KUNCILAGUOK.COM – (Sports Edition) Pada pertengahan bulan Juni lalu, sempat ramai postingan di banyak akun sepak bola Indonesia, salah satunya di akun @garudarevolution.ina mengenai tangkapan layar seorang anggota EXCO PSSI yang terkesan menyindir  Coach Shin Tae Yong (STY) karena belum bisa mempersembahkan piala untuk Timnas Indonesia.

 

Tentu saja, setelah berita itu viral dan diunggah oleh banyak akun sepak bola, ribuan netizen berbondong-bondong menghampiri akun Instagram pribadi miliknya, banyak netizen yang mengkritik bahkan menghujat anggota EXCO sekaligus petinggi BUMN ini.

 


Berbicara soal pencapaian, banyak fans setuju apabila pencapaian dan prestasi itu bukan melulu soal piala. Bukan berarti jika seorang pelatih mendapatkan piala dia bisa seenaknya dicap pelatih kurang bagus.

 

Di era kepemimpinan STY, pelatih asal korea Selatan ini mampu menciptakan progres yang besar, yang mana progres itu belum terlihat di era pelatih sebelumnya.

 

Yang pertama progres fisik pemain Timnas Indonesia. Fakta ini sangat terlihat, yang mana jika dulunya pemian Timnas hampir bisa dipastikan mengalami penurunan konsentrasi dan fisik seperti pada menit 70-an ke atas.

 

Sekarang  Timnas Indonesia bisa konsisten bahkan sampai di atas menit ke-100. Hal ini dibuktikan di laga leg kedua semi final AFF Cup 2021 ketika melawan Singapura dan di laga final Sea Games Kamboja 2023.

 

Yang kedua progres soal peningkatan rank FIFA. Di era kepemimpinan Simon Mcmenemy  Rank Indonesia menurun drastis.

Sejak datangnya STY, lambat laun Timnas Indonesia melakukan “push rank”, dari yang awalnya Timnas berada di rank 170-an sekarang timnas berada di rank 150 dunia.

 

Yang ketiga mampu lolos ke Piala Asia. Piala Asia merupakan turnamen major di benua Asia, turnamen ini menjadi ajang pembuktian seberapa kuat suatu negara di level Asia. 

Dan untuk pertama kalinya setelah belasan tahun, Indonesia mampu lolos lagi ke Piala Asia di bawah pimpinan STY dengan diisi pemain yang relatif muda.