Tuesday, July 11, 2023

Pemain Timnas Senior Yang Paling Banyak Berganti Klub

KUNCILAGUOK.COM – (Sports Edition) Stefano Lillipaly merupakan salah satu pemain timnas Indonesia berdarah Belanda yang sudah sejak lama dinaturalisasi dan membela skuad Timnas Indonesia.

 

Dia berhasil debut dengan Timnas Indonesia pada saat berusia 23 tahun 7 bulan dan 4 hari ketika Timnas Indonesia masih dilatih oleh Jackson F. Tiago.

 

Ternyata pemain berposisi sayap kanan ini merupakan pemain yang sering gonta-ganti klub, secara bergantian dia pernah bermain untuk klub Belanda, Indonesia dan Jepang.

 


Awal karir sebagai pesepakbola Lillipaly membela akademi klub RKSV DCG Amsterdam Youth dan setelah itu dia bergabung dengan akademi Az Alkmaar.

Sama seperti beberapa pemain Timnas senior lain seperti Ivar Jenner dan Marc Klok. Lillipaly juga pernah membela FC Utrecht. Dia pernah menjadi bagian tim akademi muda dan pemain kelompok umur FC Utrecht U-21 dari tahun 2001 sampai tahun 2009.

 

Almere City menjadi klub profesional pertama Lillipaly, setelahnya pesepakbola kelahiran Arnhem ini pergi untuk membela klub asal jepang bernama Hokkaido Cansadole Sapporo.

 

Setelah beberapa bulan membela klub Jepang, Lilipally hijrah ke Liga Indonesia untuk pertama kali dan memutuskan untuk membela klub ibu kota Persija Jakarta dengan status free transfer.

 

Setahun setelahnya Lillipaly kembali berkarir di eropa dengan membela 2 klub Belanda bernama SC Telstar dan SC Cambuur.

 

Per bulan Agustus 2017 Lillipaly memilih berkarir kembali ke  Tanah Air dengan membela Bali United, dan selanjutnya pindah ke Borneo FC di bulan Mei 2022.

 

Jika ditotal terdapat  10 klub akademi dan klub profesional yang pernah dibela oleh Lillipaly di 3 negara berbeda.