Sunday, July 16, 2023

Jairo RiedewaldI, Pemain Keturunan Indonesia di EPL

KUNCILAGUOK.COM – (Sports Edition) Liga Inggris sering kali disebut sebagai liga terbaik di seluruh dunia, bisa dikatakan hanya pemain bagus yang bisa menembus liga yang membesarkan nama Cristiano Ronaldo ini.

 

Di balik banyaknya pemain terbaik dunia yang berkarir di Liga Inggris, terdapat pemain keturunan Indonesia yang berlaga di  English Premier League (EPL) sebagai Liga divisi utama Inggris.

 


Jairo Riedewald, adalah pemain keturunan Indonesia kelahiran Belanda yang sekarang tengah membela Crystal Palace, pemain bertinggi 1,82 Meter ini sudah bergabung dengan Crystal Palace sejak tahun 2017.

 

Sebelum menjadi bagian dari skuad The Eagels, Jairo adalah pemain dari klub Ajax Amsterdam. Jairo bisa dikatakan me jadi salah satu pemain kebanggaan Ajax Amsterdam di masanya.

 

Bahkan dia mencatatkan prestasi gemilang sebagai pemain debutan Ajax Amsterdam ketika berusia 17 tahun. Debut Jairo semakin berkesan karena di waktu itu dia bisa mencetak brace melawan Roda JC Kerkrade.

 

Mantan pemain Timnas Belanda ini juga tergabung dalam skuad yang pernah di bawa Ajax Amsterdam ketika melakukan tour ke Indonesia tahun 2014.

 

Apa hubungan kamu dengan Indonesia?” Tanya wartawan pada Jairo.“Nenek saya orang Indonesia, Ibu saya separuh Indonesia, dan saya seperempat Indonesia. Dan selalu ada masakan Indonesia, di pesta pernikahan, dan ketika ketemu keluarga Indonesia.” Tutur Jairo pada video yang diunggah di akun Youtube resmi Ajax Amsterdam pada bulan Mei 2014.

 

Pria berpaspor Belanda-Suriname ini menjelaskan apabila dia memiliki darah Indonesia yang mengalir dari neneknya, dia juga lumayan akrab dengan kultur Indonesia salah satunya lewat makanan yang sering dia temui.

 

Ketika hadir ke Indonesia dengan klubnya, Jairo juga menyempatkan diri untuk menemui kerabatnya ketika sudah tiba di Jakarta.

 

Saat mereka bertemu, kerabat dari Jairo ini menunjukan foto salah satu klub sepak bola, dan mengatakan apabila keluarga Jairo di Indonesia juga ada yang berprofesi sebagai pemain sepak bola.

 

Di akhir pertemuan mereka, lelaki paruh baya yang sekaligus masih saudara nenek Jairo ini berharap kepada Jairo agar dia bisa menjadi pemain hebat layaknya Roud Gullit dan Marco van Basten.