Saturday, July 15, 2023

Jadi Wakil Liga Indonesia, Bali United dan PSM Makasar Malah Melempem

KUNCILAGUOK.COM – (Sports Edition) Bali United dan PSM Makassar berstatus sebagai wakil Liga Indonesia di kompetisi Asia Champions League (ACL) dan di ajang AFC Cup.

 

Dua klub ini berstatus sebagai wakil Indonesia setelah keluar sebagai juara Liga Indonesia Musim 2020/21 dan musim 2022/23.

 


Untuk menentukan siapa yang akan bermain di ACL atau di AFC, PT LIB telah mengatur 2 pertandingan untuk kedua klub ini. Dan terpilihlah Bali United sebagai wakil Indonesia di kompetisi kualifikasi ACL setelah menang agregat dari PSM Makassar dengan skor 1-1 di leg pertama, dan menang pada babak pinalti pada leg kedua. 

 

Meski mereka berstatus sebagai wakil Liga Indonesia, akan tetapi gameplay dari kedua klub ini tidak bisa dikatakan bagus, masih tergantung pada satu strategi, mereka juga belum bisa meraih hasil positif di dua laga pertama Liga Indonesia musim 2023/24.

 

Pada laga pekan pertama Bali United kalah 1-0 dari PSS Sleman, setelah itu di laga pekan kedua Bali United kembali kalah dengan skor telak 3-1 dari Borneo FC.

 

Hasil PSM Makassar juga tidak kalah buruk, mereka hanya bisa imbang melawan Persija Jakarta dengan skor 1-1 di pekan pertama, lalu di pekan kedua malah kalah dengan Dewa United dengan skor 2-1.

 

Banyak netizen maupun supporter bola Indonesia yang cemas dengan kondisi klub ini, bukan hanya fans mereka saja. Tapi banyak juga pendukung klub lain ikut cemas, sebab jika mereka tetap memainkan laga dengan game play seperti ini, kemungkinan besar akan sulit bersaing di level Asia, bahkan jadi bulan-bulanan klub lawan.

 

Rasa khawatir netizen itu bukan tanpa alasan, jika kedua klub ini tampil jelek bukan hanya merugikan Bali United dan PSM Makassar saja, tapi juga akan merugikan seluruh klub sepak bola Indonesia.

 

Jika mereka menderita kekalahan di level kompetisi Asia, maka rank Liga Indonesia akan turun. Ini jelas akan menutup peluang klub dari Liga Indonesia untuk tampil di ACL (Kompetisi tertinggi klub antar Asia).

 

Yang jelas agar tidak mengulangi kesalahan di musim-musim sebelumnya, klub-klub Indonesia yang menjadi wakil Liga Indonesia di AFC maupun ACL harus berbenah.

 

Apabila Bali United dan PSM Makassar meraih hasil bagus, maka akan berpotensi menaikkan rank Liga Indonesia masuk 10 besar Asia dan bisa menyalip rank liga negara ASEAN seperti Singapura, dan Filipina.

 

Begitu pun sebaliknya, jika dua klub ini meraih hasil buruk, maka rank Liga Indonesia berpotensi turun dan disalip oleh negara ASEAN lain seperti Kamboja dan Myanmar.